Kamis, 18 Juni 2009

Tips Lain Meningkatkan Daya Ingat

loading...
Mungkin setelah membaca mengenai meningkatkan daya ingat, kita bisa mencoba melatihnya tiap hari. Dan ini ada tips lain yang bisa atau mungkin pernah kita alami:

• Jika kita harus mengingat sebuah daftar (senarai), adakalanya kita lebih suka mengingat dibagian awal dan akhiran dari sebuah daftar, sehingga cobalah untuk mengubah-ubah urutan didalam daftar secara berkala agar dapat membantu kita untuk mengingat.

• Buat yang harus mengingat sebuah pidato (misal anda akan kampanye :D ) sebaiknya kita berlatih selama 15 menit setiap waktu, jangan berlatih untuk waktu yang terlalu lama. Otak kita akan dapat lebih cepat menyerap sesuatu ingatan dalam jumlah kecil tetapi dengan berulang-ulang. Nah untuk tugas hafalan akan terasa lebih mudah jika kita latihan menghafal tidak untuk waktu yang terlalu lama.

• Kadang-kadang kita merasa tidak yakin apakah pintu telah terkunci ketika kita meninggalkan rumah? Cobalah ucapkan dengan keras “Saya telah mengunci pintu” ketika mengunci pintu. Hal ini dapat mengelakan kita dari pertanyaan yang tidak yakin seperti pertanyaan pintu sudah dikunci belum? yang biasanya muncul.

Depresi atau stres dapat membuat kita jadi pelupa, ketika kita kesulitan untuk mengingat sesuatu, coba tarik napas dalam-dalam dan untuk beberapa saat coba alihkan perhatian pada hal lain, kemudian cobalah mengingat lagi.

loading...