Selasa, 09 Juni 2009

Wow, Meteor Raksasa Jatuh ke Bumi

loading...



INILAH.COM, Jakarta – Bukti jatuhnya meteor berukuran raksasa yang menimbulkan dampak besar ke bumi sekitar 470 juta tahun lalu ditemukan di pantai Skotlandia. Ilmuwan memperkirakan, jatuhnya meteor itu akibat tabrakan di angkasa dan menimbulkan gempa bumi dahsyat dan tsunami.

Peneliti di Universitas Aberdeen menemukan sisa meteor berukuran kecil, lebih kecil dari pasir di tebing Sutherland. Penemuan meteorid ini serupa dengan penemuan lain di China, AS dan Australia.

Peneliti mengatakan penemuan baru itu makin memperkuat perkiraan sebelumnya pecahan meteorit mempengaruhi lokasi sangat luas di seluruh permukaan bumi. Jatuhnya meteor yang menimbulkan bencana besar itu berasal dari sabuk asteroid diantara Mars dan Yupiter.

Penelitian itu dipimpin oleh Professor John Parnell dari School of Geosciences di University of Aberdeen dan dipublikasikan di Nature Geoscience.

Prof Parnell mengatakan penemuan itu akan membantu ilmuwan menyelidiki apakah ada hubungan antara jatuhnya meteorit dengan perubahan spesies yang hidup di air di masa itu.

"Kami mengujicoba pecahan batu di Durness dan menunjukkan bahwa 470 juta tahun lalu meteorit ini jatuh di wilayah yang luas di seluruh dunia termasuk Scotlandia. Ini pertama kalinya kami dapat membuktikan terjadinya itu pada masa mammoth hidup dan seberapa luas wilayah yang terkena dampak,” katanya.

"Penelitian kami juga menunjukkan jatuhnya meteor menyebabkan gempa bumi dan gelombang pasang yang terjadi di banyak benua. Sisa-sisa menunjukkan kehidupan air di bumi di zaman itu menjadi makin berkembang setelah kejadian itu," katanya.

loading...